Senin, 30 Juli 2012

Apakah Einstein salah ???


Albert Einstein dalam courtesy foto bertanggal dari Perpustakaan Kongres. REUTERS / Handout

(Reuters) - Dunia ilmu pengetahuan upended tahun lalu ketika muncul percobaan untuk menunjukkan salah satu teori dasar Einstein adalah salah - tapi sekarang lab di balik itu mengatakan hasil tersebut bisa saja disebabkan oleh kabel yang longgar.

Fisikawan di lembaga riset CERN dekat Jenewa tampaknya bertentangan 1905 Teori Khusus Albert Einstein Relativitas tahun lalu ketika mereka melaporkan bahwa partikel sub-atom yang disebut neutrino bisa bepergian sepersekian detik lebih cepat dari cahaya.

Teori Khusus Relativitas Einstein, yang menyokong pandangan terkini dari bagaimana alam semesta bekerja, mengatakan bahwa tidak ada yang dapat melakukan perjalanan lebih cepat dari cahaya, dan melakukan hal itu akan menjadi seperti bepergian ke masa lalu.

James Gillies, juru bicara Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir, atau CERN, mengatakan pada hari Rabu hasil mengejutkan lab sekarang diragukan.

Sebelumnya pada Rabu, ScienceInsider, sebuah situs yang dijalankan oleh Asosiasi Amerika untuk Kemajuan Ilmu Pengetahuan, melaporkan bahwa hasil yang mengejutkan turun ke kabel serat optik longgar menghubungkan Positioning System penerima satelit Global untuk komputer.

Gillies menegaskan bahwa cacat dalam sistem GPS sekarang diduga sebagai penyebab yang mungkin untuk membaca mengejutkan. Pengujian lebih lanjut diperlukan sebelum kesimpulan yang pasti dapat dicapai, tambahnya.

Temuan lebih cepat dari cahaya direkam ketika 15.000 neutrino balok yang dipompa selama tiga tahun dari CERN untuk sebuah laboratorium Italia bawah tanah di Gran Sasso dekat Roma.

"Penjelasan yang mungkin ditemukan. Tapi kita tidak akan tahu sampai kita telah diuji dengan sinar baru untuk Gran Sasso," kata Gillies Reuters di Jenewa.

Fisikawan pada eksperimen, yang disebut OPERA, mengatakan ketika mereka melaporkan hal itu September lalu bahwa mereka telah memeriksa dan memeriksa ulang atas apa pun yang bisa berbulan-bulan telah menghasilkan salah baca sebelum mengumumkan apa yang telah mereka ditemukan.

Sebuah tes kedua yang hasilnya diumumkan pada bulan November tampaknya memberikan bukti lebih lanjut bahwa neutrino sedang bepergian lebih cepat dari cahaya. Tapi banyak ahli tetap skeptis terhadap hasil yang akan membatalkan salah satu prinsip dasar fisika modern.

Edward Blucher, ketua Departemen Fisika di Universitas Chicago, mengatakan temuan asli akan menjadi indah jika sudah benar. Seperti itu, penelitian ini terinspirasi diskusi berjiwa banyak, jika orang percaya saja.

"Saya tidak berpikir saya bertemu orang yang mengatakan aku yakin itu akan menjadi kenyataan saya pikir orang-orang dalam penelitian ini bekerja sebagai hati-hati yang mereka bisa dan. Saya pikir mereka kehabisan ide dari apa yang bisa salah dan mereka memutuskan untuk menyajikan itu, "katanya.

"Mungkin mereka seharusnya menunggu beberapa bulan lagi," tambahnya.

Gillies mengatakan CERN akan mengeluarkan pernyataan penuh Kamis pagi.

0 komentar:

Posting Komentar