Senin, 30 Juli 2012

Konfigurasi DLink 2542B Menggunakan Speedy


Telkom Speedy untuk produk DLink 2542B ! Mungkin ada beberapa dari kalian yg berpikiran mengapa saya hanya mengupas produk dari merk DLink ? Saya katakan bahwa saya tidak dibayar sepeser pun oleh DLink untuk mengupas produk mereka dan menurut pengamatan saya untuk Router ADSL merk DLink cukup laku dikalangan customer, selain itu produk ini juga sangat mudah dicari dipasaran saat ini.
Menurut pengamatan saya, untuk Router ADSL DLink 2542B masih kalah bagus dibandingkan produk terdahulunya yg saya bahas di-post terdahulu yaitu seri 2540T. Ada beberapa fitur yg tidak dimasukkan didalam produk DLink 2542B, tp fitur ini dimiliki di DLink 2540T, seperti : Virtual Server, DMZ, Parent Control, Bridge Filters, hingga SNMP ! Untuk yg fitur terakhir menurut saya cukup penting untuk mengetahui besar kecilnya traffic yg terpakai di jaringan anda saat ini. Dan yg saya cukup menjadi perhatian adl Router DLink 2542B bila dalam keadaan nyala suhu nya cukup tinggi / cepat sekali panasnya, entah apa yg menyebabkannya ! Tetapi terlepas dari semua itu, produk ini merupakan produk yg mudah ditemukan saat ini. Bagi yg penasaran seperti apa rupa dari produk ini, berikut saya coba tampilkan. Baiklah, sekian untuk pendahuluannya. Sekarang kita masuk ke bagian konfigurasi ya, setuju ? Apabila kalian membeli produk ini lengkap, DLink menyediakan akses untuk melakukan konfigurasi alat ini melalui 3 cara yaitu One Click (Software Bawaan DLink), Web based, dan Telnet. Hmm, mungkin dari kalian ada berpikiran kok ada Telnet didalamnya ? Nah saya juga menemukan hal ini secara iseng (terbiasa menggunakan Cisco) dan ternyata bisa dilakukan konfigurasi didalamnya.

Untuk kesempatan ini, saya akan mencoba membahas konfigurasi menggunakan web based saja yah ! Karena bila dibandingkan 2 cara lainnya, cara ini yg paling ampuh. Untuk informasi tambahan saja, sewaktu saya menggunakan software bawaan DLink untuk melakukan konfigurasi banyak mengalami kegagalan dan setelah saya menanyakan ke DLink Support, ternyata dari DLink Support malah menyarankan saya menggunakan web based. Aneh yah, smoga hal ini menjadi perhatian untuk DLink ! Inilah caranya konfigurasi menggunakan web based :
ok dech dari nanti mbak carissa marah..karena capek duduk terus, gara** lama nunggu info nya...cokidot..!
  1. Sambungkan DLink Router 2542B anda dengan PC anda menggunakan kabel LAN yg terdapat dari box pembelian.
  2. Setelah tersambung, buka browser anda dan ketikkan “http://192.168.1.1″ dan tekan ENTER. Apabila ini berhasil maka anda masukkan “Admin” sebagai username dan password anda, apabila tidak berhasil pastikan anda melakukan langkah 1 dengan benar.
  3. Pilih lah menu “Quick Setup” di sebelah kiri.
Akan tampil :  
Akan tampil : 
 Setelah itu : 
 Habis itu :
 Restart / Reboot lah Router DLink 2542B anda : 
 Proses Reboot / Restart Router sedang berjalan
 Anda akan mendapatkan konfirmasi bahwa Router DLink 2542B anda siap beraksi kembali"setelah pariwara berikut ini..hahaha...
Nah, ini lah pertanda bahwa Router DLink 2542B anda telah dapat digunakan untuk Internetan : 
Selamat mencoba semoga bermanfaat..!!!

sumber : http://www.ramiblog.net/2011/06/konfigurasi-dlink-2542b-dengan-speedy.html

0 komentar:

Posting Komentar