Senin, 30 Juli 2012

Cara Memebuat Progaram penhitung IP dengan Java

Pada postingan sebelumnya, kita telah membahas cara membuat IPK Counter tanpa tampilan antarmuka grafis (GUI), kali ini kita akan membuat ulang program IPK Counter dengan GUI.

1. Masih ingat pola umum program Java basis GUI ? Ini dia:





2. Berikutnya kita akan membuat 8 identifier : 4 identifier untuk String, dan 4 identifier untuk Double :

Membuat identifier
Pada pembuatan program IPK Counter tanpa GUI yang lalu, kita cuma membuat 4 identifier double, tapi kali ini perlu ditambahkan 4 identifier lagi untuk String, karena Input box dimana user akan mengisi data, tidak dapat merekam inputan sebagai numerik (Integer maupun Double), Input box hanya akan merekam String, makanya kita menambahkan 4 identifier String baru untuk merekam inputan dan melakukan konversi ke double.

3. Nah, berikutnya kita buat Input box yang meminta user untuk mengisi data yang diperlukan :



4. Setelah melakukan proses konversi, sekarang kita sudah punya data numerik yang diperlukan untuk menghitung nilai IPK, nah tunggu apa lagi, buat script untuk menghitungnya:




5. Langkah terakhir, kita tinggal menampilkan hasilnya dengan Message box:


x


6. Nah, program sudah jadi, tinggal dicompile (Ctrl-2 [textpad] atau Ctrl-F11 [eclipse])


IPK Counter - First launch - by Antony Budianto









Program yang kita rancang tadi hanya akan berjalan sekali saat dicompile/di-run, itu dikarenakan kita tidak menggunakan looping, jika ingin menggunakan looping, gunakan fungsi while untuk merangkum semua argumen/intruksi program (lihat postingan mengenai looping).

Semoga sampai disini, sudah mengerti sedikit basic Java kan? Postingan berikutnya kita akan membuat program kuis matematika sederhana, pasti seru kan? Makanya tunggu postingan berikutnya!

0 komentar:

Posting Komentar