Senin, 30 Juli 2012

Modifikasi ROM Tablet Android Rockchip RK2818


Minggu lalu, adik transaksi dengan seorang penjual online di kaskus yg berada di Bandung. Berhubung barang bekas, maka perlu diperiksa kondisi dan kelangkapannya. Atur-atur jadwal, disepakati Sabtu 25 Februari 2012, sore hari. Berhubung perlu cari sepatu untuk JNP, maka minta COD di Griya Pahlawan.
Barang yang dibeli adalah Tablet Wearnes LP-117 bekas pakai seharga Rp 625.000,00. Saat COD, terlihat casing tablet agak kotor, biasanya penjual yang baik akan membersihkan barang yang dijual lebih dulu. Fungsi semuanya masih jalan, saat coba layar sentuh yang berjenis resistif, agak kesusahan akses. Biasa memakai layar jenis capasitif yang hanya perlu disentuh halus. Layar resistif perlu agak keras dan kadang perlu memakai kuku untuk akses.
Setelah sampai rumah, mulai cari info lebih lanjut tentang Tablet Wearnes LP-117. Tablet ini memakai chip Rockchip RK2818. Cari-cari di situs Indonesia, hanya ada satu info yang cukup terkait. Penelusuran lebih lanjut ke situs XDA developer mendapatkan cukup banyak informasi. Di situs XDA tidak menemukan satupun yg memodifikasi ROM Tablet Wearnes LP-117, sehingga perlu modifikasi ROM dari tablet merk lain. ROM untuk tablet lain yang memakai chip RK2818 diambil boot.img dan system.img, bagian lainnya diambil dari ROM bawaan Wearnes LP-117.
Secara umum proses yang dilakukan adalah:
  1. Pasang driver dan aplikasi untuk akses RK2818
  2. Lakukan dump untuk mengambil ROM Wearnes LP-117
  3. Extrack ROM Wearnes LP-117.
  4. Modifikasi berkas image. Saat ekstrak ROM ada dua bagian penting, satu bagian adalah image, bagian kedua adalah berkas konfigurasi. Berkas konfigurasi antara lain menentukan/mencatat suatu image nantinya di flash mulai posisi mana. Berkas image yang sering dimodifikasi adalah system.img. Modifikasi dapat memakai system.img dari ROM LP-117, dapat juga modifikasi system.img yang diambil dari ROM tablet lain.
  5. Gabung system.img hasil modifikasi dengan berkas konfigurasi, sehingga menjadi ROM baru hasil modifikasi.
  6. Flash tablet dengan ROM baru.
  7. Selesai.
Taut: http://forum.xda-developers.com/showthread.php?p=21852988#post21852988

0 komentar:

Posting Komentar